blog seputar madrasah

Untung dan Ruginya Jika Mudik Memakai Ban Tubeless

WartaFajar.com - untuk sahabat yang mau mudik tidak salahnya jika sebelum mudik membaca artikel singkat ini, artikel ini kami kutib dari liputan6.com, yuk langsung disimak aja ya......

Yang dimaksud lebih save waktu dan tenaga adalah soal ketahanan ban. Pasalnya, tidak seperti ban tubetype yang langsung bocor saat melindas paku, ban tubeless masih bisa digunakan. "Apalagi untuk jalan jauh juga kan," tambah Aldrin.

Selain itu, ban tubeless juga punya grip yang lebih baik. Dengan demikian, ban ini bisa lebih stabil pada kecepatan tinggi dan di jalan mulus. Meski memang, untuk jalanan yang relatif rusak, maka sebetulnya lebih `enak` ban biasa.

Untuk mengganti ban tubetype ke ban tubeless, pemilik motor sebetulnya tidak mesti mengganti velgnya juga sebagaimana pengertian masyarakat awam. Pasalnya, saat ini ban tubeless juga bisa dipakaikan pada velg jari-jari. Syaratnya, velg harus terbuat dari bahan aluminium serta punya lebar minimal 2,5 inci.

Semua memang pada akhirnya kembali pada pemilik motor masing-masing, apakah lebih memilih ban tubeless atau ban biasa. Berikut adalah untung rugi ban tubeless dan ban tubetype yang bisa jadi bahan pertimbangan lebih lanjut:

Ban tubetype

- Lebih kuat untuk jalanan yang kurang bagus. Hal ini disebabkan karena struktur karet yang dimilikinya lebih empuk.
- Lebih tahan lama dibanding ban tubeless, sebab terbuat dari komponen yang cukup kuat.
- Manuver di jalan raya lebih baik.
- Harga yang lebih murah dibanding ban tubeless.
- Karena terdapat ban dalam, ban lebih mudah bocor.

Ban tubeless

- Lebih nyaman digunakan di jalanan yang rata dan mulus.
- Masih bisa digunakan meskipun tertusuk paku.
- Kurang nyaman di jalanan basah, licin, atau rusak.
- Harga lebih mahal.
- Hanya bisa digunakan pada velg racing. Jika ingin dipasang di velg biasa, maka perlu ditambahkan penutup di bagian jari-jarinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Untung dan Ruginya Jika Mudik Memakai Ban Tubeless"

Posting Komentar